Tips Agar Website Tidak di Index Mesin Pencari

Kebanyakan orang yang memiliki website tentu menginginkan website nya terkenal dan dikunjungi banyak orang. Namun ternyata tidak semua orang menginginkan hal tersebut, ada juga sebagian orang yang justru tidak ingin websitenya dikenal banyak orang demi untuk menjaga privasinya. Dalam hal ini, tentu diperlukan tips agar website tidak di index mesin pencari.

Mungkin banyak alasan yang membuat pemilik website enggan websitenya terkenal dan diketahui banyak orang. Salah satu contohnya adalah mungkin saja blogger tersebut sedang membuat suatu proyek yang bisa di akses hanya oleh orang-orang tertentu yang pasti mengetahui alamat websitenya.

Website Tidak di Index

Kemungkinan lainnya adalah ketika seseorang baru saja membuat website dan masih mengatur atau menata susunan halamannya. Pada proses penataan ini, tentunya website masih belum sempurna dan berantakan sehingga tidak ingin ada orang yang melihatnya.

Maka dari itu, biasanya dilakukan pencegahan agar mesin pencari tidak mengenali website tersebut dalam sementara waktu sampai nantinya website betul-betul selesai. Tidak perlu khawatir, cara ini tidak akan membuat website benar-benar terblokir, melainkan hanya sementara saja.

Cara Agar Website Tidak di Index Mesin Pencari

Blogger yang menginginkan website nya tidak dikenal orang-orang pasti memerlukan tips agar website tidak di index mesin pencari. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah website terindex mesin pencari.

Jadi apa saja cara yang bisa dilakukan agar website yang dibuat tidak terindex mesin pencari? Berikut beberapa cara yang biasa digunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Website Tidak di Index 1

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

1.#Menggunakan Fitur Bawaan dari WordPress

Pada WordPress terdapat fitur bawaan yang bisa digunakan oleh pemilik website sebagai cara memblokir web crawler. Tahap-tahap yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke halaman admin WordPress dan pilih menu “Settings” kemudian pilih “Reading”.
  • Setelah memilih menu “Reading”, disana akan terlihat opsi “Search Engine Visibility”. Untuk melarang mesin pencari mengindex situs atau website, centang kotak Discourage search engines from indexing this site.
  • Setelah di centang, secara otomatis WordPress akan mengedit file robots.txt juga menerapkan pengaturan penolakan mesin pencari.
  • Kemudian anda harus mengklik tombol Save untuk menyimpan perubahan.

Cara ini memiliki kelebihan, yaitu mudah dilakukan. Namun cara ini tidak 100 persen ampuh, bisa saja masih ada konten-konten yang muncul pada hasil pencarian meski sudah melakukan cara diatas.

2. Menggunakan .htaccess

Penggunaan .htaccess sebagai tips agar website tidak di index mesin pencari memiliki kelebihan yang membuat cara ini lebih unggul dari cara yang pertama. Kelebihannya yaitu lebih efektif dalam upaya mencegah munculnya konten blog pada hasil pencarian. Meski begitu, situs ini masih bisa diakses oleh orang-orang yang tahu alamat situs tersebut.

Pada umumnya, untuk bisa muncul di pencarian google, situs harus deindex terlebih dahulu. Namun ternyata google masih bisa menemukan situs tersebut melalui url lain yang mengarah kesana.

Nah, cara menghindari url muncul di serp tentu bisa dilakukan dengan menambahkan tag <meta name= “robots” content = “noi pada laman yang ingin disembunyikan. Setelah itu, kamu perlu menggunakan file .htaccess untuk mempermudah penambahan tag pada setiap laman yang dibuat tersebut.

Nah untuk melakukannya, pemilik website cukup menambahkan kode Header set x – Robots – Tag “noindex pada file .htaccess. Dengan kode tersebut, pada hasil pencarian sudah tidak akan muncul lagi situs yang ingin disembunyikan.

3. Melindungi Direktori WordPress dengan Password melalui cPanel

Tips agar website tidak di index mesin pencari yang ketiga adalah dengan menggunakan password melalui cPanel atau Control Panel. Cara ini terbukti sangat efektif dalam menangkal user-user termasuk mesin pencari. Meski sangat efektif, cara ini juga memiliki kekurangan, yaitu adanya keharusan melakukan tambahan langkah untuk kemudian dapat mengakses WordPress.

Apabila kamu adalah pelanggan hostinger yang menggunakan cPanel, terdapat fitur bawaan cPanel yang dapat digunakan untuk melindungi direktori WordPress, yaitu fitur Password Protect Directions.

  • Pertama-tama, kamu perlu mengakses control panel Hostinger
  • Kedua, kamu harus mengklik icon Password Protect Directories.
  • Setelah itu, pilih direktori yang ingin diproteksi yang terletak pada sisi kiri. Sebagai contoh, kita menggunakan direktori Public_html.
  • Setelah memilih direktori, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memasukkan username juga password pemilik website pada panel sebelah kanan.
  • Kemudian klik “Protect”.

Nah, apabila pemilik website juga menggunakan cPanel, berikut tahapan yang harus dilakukan sebagai tips agar website tidak di index mesin pencari.

  • Yang pertama, cukup masuk ke akun cPanel kemudian klik menu Files >> Directory Privacy.
  • Setelah masuk, kamu akan diminta untuk memilih folder yang akan dilindungi atau Pilih folder dimana WordPress di-install. Kamu pilih saja folder yang biasa menjadi lokasi default instalasi WordPress, yaitu public_html.
  • Selanjutnya, kamu akan dibawa ke laman baru. Disana, kamu pilih atau centang opsi “Password protect this directory” dan isi kolom yang tersedia dengan nama direktori yang ingin diproteksi.
  • Terakhir, silakan klik tombol “Save” untuk menyimpan perubahan.
Website Tidak di Index 2

4. Menghapus Halaman yang telah di Index Google

Apabila terdapat beberapa konten blog yang sudah terindex oleh google, tips agar website tidak di index mesin pencari yang satu ini bisa digunakan. Caranya yaitu kamu cukup menghapusnya dengan cara berikut ini.

  • Login atau masuk ke “Google Search Console”
  • Pilih websitemu kemudian masuk ke menu “Google Index” dan klik “Remove URLs”.
  • Selanjutnya, klik “Temporarily Hide’ untuk memasukkan URL yang akan dihapus.
  • Pada tab baru, silakan pilih “Temporarily hide page from search results and remove from cache”, kemudian klik “Submit Request”.

Nah, sekarang link yang sudah terindex akan dihapus oleh Google. Setelah proses penghapusan berhasil, lakukan kembali proteksi direktori WordPress untuk mencegah Google mengindex kembali url tersebut.

Tinggalkan komentar